Jalan-jalan ke Korea


Jalan-jalan ke Korea, sangat beruntung memang di jaman yang penuh dengan demam Korea ini aku sekeluarga bisa berkesempatan mengunjungi Negara Ginseng tersebut. Kami mengunjungi Korea bulan Agustus 2011 yang lalu. Kata orangtuaku, beliau mengajakku kesini untuk refreshing karena aku terlihat stress setelah menghadapi UN dan SNMPTN tahun ini. Wow, sangat wow sekali, jalan-jalan kali ini judulnya adalah SUMMER IN SEOUL. Saat itu di Korea memang sedang musim panas, dan suhu disana sekitar 36 derajat celcius. Bisa dibayangkan betapa panasnya, aku yang tinggal di Padang yang terkenal panas saja sudah merasa padang itu panas, apalagi di Korea yang sedang summer. Untuk itu aku akan membagi cerita tentang tempat-tempat yang aku kunjungi disana. Lets cekidot!

           1.      Gyeongbok Palace
Datang ke Korea rasanya kurang afdol kalau tidak berfoto bersama di depan tempat bersejarah Korea yaitu Gyeongbok Palace. Istana yang terletak di sebelah utara kotaSeoul (Korea Selatan) ini termasuk dari 5 istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Dipercaya istana ini merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea.



          2.      National Folk Museum of Korea
Letaknya masih didalam kompleks istana Gyeongbokgung, biaya masuknya Gratis, didalamnya itu terdiri dari paparan sejarah bangsa korea mulai dari prasejarah sampai saat ini. Disini aku kagum dengan kesungguhan Pemerintah Korea membuat museum yang sangat menarik, meski informasinya bersifat sejarah banget tapi dikemas dengan menggunakan teknologi canggih sehingga tidak membosankan. Pencahayaan yang bagus dan dekorasi yang modern membuat tempat ini jauh dari kesan “museum”.




          3.      Myeongdong
Myeongdong adalah sebuah kawasan atau distrik perbelanjaan utama di Seoul, Korea. Tempat ini sangat populer bagi kaum muda dan wisatawan asing sebagai pusat fashion dan tempat berkumpul. Disini harga barang-barang ditawarkan dari yang paling murah hingga paling mahal, dari produk dalam negeri ataupun luar negeri.



         4.      Daejanggum Theme Park
Merupakan lokasi syuting drama korea yang berjudul “Jewel in the palace”. Di tempat ini para pengunjung juga bisa menikmati budaya Korea di setiap sudutnya. Seperti mencoba pakaian tradisional Korea, bermain tuhonori dan pengalaman bermain cambuk, busur dan anak panah serta banyak lagi. Ditempat ini juga menunjukan beberapa drama yang pernah hits dimainkan dilokasi ini.  Di dalamnya terdapat kurang lebih 1.6 hektar. Disini kita bisa menikmati Daejeon Hall, Dapur kerajaan, Sel penjara, the Saongwon (dapartemen yang bertugas untuk menyiapkan makanan untuk keluarga kerajaan dan jamuan), tempat pembuatan bir dan juga display  costum dan beberapa alat peraga  yang digunakan dalam syuting drama.








         5.      Nami Island
Namiseom atau yang dikenal juga dengan sebutan Nami Island merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Chuncheon, Korea Selatan. Terletak 3,8 km dari Gapyeong County. Nama pulau ini diambil dari nama Jenderal Nami yang dituduh berkhianat selama pemerintahan Raja Sejo, raja ketujuh dari Dinasti Joseon Korea. Kemudian sebuah perusahaan tur mengembangkan Namiseom menjadi sebuah tempat hiburan atau tempat wisata luar biasa yang akan sayang bila tidak dikunjungi. Bagi pecinta drama Korea, pastinya sudah kenal dengan tempat satu ini. Ya, Nami Island adalah pulaunya "Winter Sonata" (salah satu drama Korea populer yang pernah ditanyangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia) disinilah lokasi syuting adegan drama Korea populer tersebut.







         6.      Mount Sorak
Tempat ini merupakan wisata alam lain yang menjadi tujuan para wisatawan saat mengunjungi Korea Selatan. Gunung kapur yang tinggi membuat nuansa putih pada ujung puncak gunungnya. Keindahan puncak gunung ini mungkin  akan lebih lagi jika tertutup oleh salju. Mount Sorak National Park ini berada di Inje, lahan seluas 398,539 km2 ini menampilkan keindahan alam yang dirawat dengan baik. Disini kita juga dapat meilhat sebuah patung Buddha yang cukup besar, walaupun tidak sebesar yang ada di Thailand atau Hongkong, namun cukup menambah keindahan di sekitarnya. Setelah berfoto kami menaiki cable car menuju ke GWONGGEUMSUNG – puncak dari gunung Sorak. Cable car ini mengantarkan kami ke kira-kira 90% puncaknya. Untuk mencapai benar-benar puncak gunungnya, kita bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit.







          7.      Teddy Bear Farm
Teddy bear museum merupakan tempat dimana kita bisa menemukan boneka Teddy Bear dengan bermacam-macam karakter, ada juga yang diatur menurut negara dan dipakaikan baju daerah dari masing-masing Negara, seperti istana boneka. Disana aku membeli satu boneka Teddy Bear ukuran sedang, lucuuu banget.




         8.      Belajar membuat Khimci dan memakai Hanbok
Siapa yang tidak tau KIMCHI? Sangat ketinggalan jaman ya kalau tidak tau dengan kimchi. Bukannya merendahkan, namun di jaman Korean Wave sekarang ini, banyaknya budaya Korea, music Korea yang hadir di Indonesia, mustahil jika ada yang belum mengenal Kimchi. Kimchi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari asinan sayur (sawi atau lobak) fermentasi dengan bumbu pedas. Nah, disini kami belajar cara membuat khimci, ternyata banyak juga rempah-rempah yang digunakan untuk membuat makanan khas korea ini.
Setelah belajar membuat kimchi, kami mencoba memakai Hanbok, yaitu pakaian tradisional Korea. HANBOK adalah pakaian kebanggaan korea “Han” adalah sebutan bagi Korea, dan “bok” berarti pakaian.





         9.      Everland
Everland Resort, adalah sebuah wahana bermain bertema taman yang beara di Yongin, sebuah kota di provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan. Everland merupakan taman hiburan terbesar Korea Selatan. Hingga dikunjungi 8,6 juta pengunjung, Everland sempat menjadi peringkat kesepuluh di dunia untuk taman hiburan terbaik pada tahun 2007. Dengan memiliki atraksi-atraksi utama, Everland juga mencakup kebun binatang dan taman air yang dikenal sebagai Teluk Karibia. Everland dioperasikan oleh Samsung Everland, yang merupakan anak perusahaan dari Grup Samsung.
Tak terlalu banyak permainan yang menguji adrenalin disini, malahan banyak mainan untuk anak-anak. Kebetulan saat itu kami datang di musim panas, nah disana ada festival Summer Splash, yaitu festival bermain air. Di parade itu kita disemprot-semprot air, dan tentu sebelumnya aku sudah membeli jas hujan agar tidak basah kuyup.



         10.  Seoul World Cup Stadium
Seoul World Cup Stadium, juga dikenal sebagai Stadion Sangam, terletak di Sangam-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan. Dibangun untuk Piala Dunia 2002 dan dibuka pada 2001. Saat ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Asia. Ayo, siapa yang suka bola? Kalau ke Korea jangan lupa mampir kesini yaa.




         11.  Dongdaemun Market
Disini banyak dijual bahan2 material untuk pakaian seperti: kain bahan untuk baju tradisional Korea, benang, kancing, restleting, bed cover serta selimut. Jam buka adalah 08.00 – 18.00, pada hari minggu toko ini tutup. Kami mengunjungi Pasar pusat Dongdaemun yang biasa dikenal dengan nama Doota, karena disana lebih banyak menjual barang-barang asli Korea. Kalau di toko lain suka ada campuran barang-barang made in China

   12.  Ginseng outlet
Korea merupakan Negara penghasil ginseng, oleh karena itu tidak ke korea namanya jika kita tidak mengunjungi ginseng outlet yang menjual banyak jenis ginseng. Manfaat ginseng antara lain melancarkan aliran darah, membantu produksi sel darah merah, membantu proses penyembuhan, menambah vitalitas, meningkatkan stamina, menguatkan daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan, meningkatkan kondisi mental, mencegah diabetes, melancarkan sistem pencernaan, mencegah iritasi dan mengeluarkan racun.
   13.  Amethyst Factory
Special dari Korea nomor dua adalah amethyst stone, yaitu sejenis batu mulia yang berwarna ungu dan biasa digunakan sebagai perhiasan. Orang Korea memang banyak yang tidak memiliki agama. Namun mereka memiliki kepercayaan khusus, termasuk soal keberuntungan yang bisa didatangkan dari sebuah batu. Ya, itulah batu Amethyst yang sering terlihat dipajang di beberapa perusahaan besar Korea.

Oke, itulah informasi mengenai pengalamanku jalan-jalan ke Korea. Seru banget dan dijamin kepingin balik lagi kesana. Buat yang mau jalan-jalan ke Korea juga, enjoy and have a nice trip yaaa!

0 comments:

Poskan Komentar